Login Member
Username:
Password :
Agenda
17 June 2024
M
S
S
R
K
J
S
26
27
28
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6

A.    VISI SEKOLAH

Terwujudnya lulusan berkarakter Profil Pelajar Pancasila yang tangguh bermartabat.

 

 B.    MISI SEKOLAH

  1. Mewujudkan peningkatan pemahaman akhlak beragama, akhlak pribadi, akhlak kepada manusia, akhlak kepada alam dan akhlak bernegara.
  2. Mempertahankan kearifan lokal dan menumbuhkan rasa saling menghargai perbedaan agama, ras, adat, dan kebiasaan di antara teman dan seluruh warga sekolah.
  3. Kemampuan untuk bekerja sama dalam rangka mengembangkan kolaborasi, kepedulian, dan berbagi.
  4. Mengembangkan kemampuan bernalar kritis mampu secara objektif memproses informasi baik kualitatif dan kuantitatif.
  5. Mengembangkan kreativitas dalam memodifikasi dan menghasilkan sesuatu yang orisinal, bermakna, bermanfaat, dan berdampak.
  6. Mengembangkan pribadi sesuai profil Pelajar Pancasila melalui jargon sekolah yaitu tangguh bermartabat (tanggung jawab, teguh pendirian, berakhlak mulia, mandiri, aktif, taat, dan bersahabat).

 C.    TUJUAN SEKOLAH / SASARAN

Berdasar Permendikbud No.22 Tahun 2016 tentang Stan­­­dar Kompetensi Lulusan dan dengan Permendikbud No. 61 tahun 2014tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan serta mengacu pada visi – misi sekolah maka SMP 2 Kudus menjabarkan ke dalamtujuan pendidikan di sekolah adalah:

  1. Tercapainya peserta didik yang memiliki keimanan dan ketaqwaan terhadap Tuhan YME melalui pembiasaan kegiatan keagamaan di sekolah.
  2. Tercapainya peserta didik yang berakhlak mulia, berjiwa demokratis, dan berkarakter sesuai budaya bangsa.
  3. Tercapainya perilaku santun dan disiplin dalam kehidupan sehari hari.
  4. Tercapainya peningkatan prestasi akademis; yaitu mempertahankan Tingkat Kelulusan 100%;            (tahun 2023/2024  rata–rata nilai ujian sekolah  mencapai 9,0); dan pelaksanaan KBM dengan bimbingan melaluipendekatan Saintifik; meraih peringkat 3 besar olimpiade mata pelajaran Matematika tingkat Provinsi; meraih peringkat 3 besar Lomba mata pelajaran IPA tingkat Provinsi; dan meraih peringkat 3 besar Lomba Cerdas Cermat (LCC) tingkat provinsi.
  5. Tercapainya peningkatan prestasi nonakademis.
    • Menjuarai berbagai lomba bidang olah raga tingkat provinsi dan nasional.
    • Menjuarai berbagai lomba bidang seni dan budaya tingkat kabupaten dan Provinsi.
    • Meraih peringkat 1 lomba kepramukaan tingkat Provinsi.
    • Meraih peringkat 1 besar MTQ tingkat Provinsi.
    • Menjuarai lomba kompetensi bahasa Indonesia (cipta puisi dan cerpen) tingkat kabupaten dan Provinsi.
    • Menjuarai lomba kompetensi bahasa Inggris (story telling) tingkat Provinsi.
    • Menjuarai lomba KIR tingkat kabupaten, Provinsi dan nasional
  6. Mewujudkan dan menggali potensi diri peserta didik, membimbing dan melatih secara optimal agar memiliki kecerdasan, kreativitas, produktivitas yang berkualitas.
  7. Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dengan pembiasaan budaya positif di sekolah.
  8. Menumbuhkembangkan pelestarian budaya atau kearifan lokal untuk menguatkan karakter kebangsaan.
  9. Tercapainya lingkungan sekolah yang mengimplementasikan budaya positif dan ramah anak dengan baik sehingga tercipta lingkungan nyaman, bersih, indah, rindang dan asri melalui perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup  melalui upaya pelestarian fungsi lingkungan, pencegahan pencemaran ,dan pencegahan kerusakan lingkungan;serta menjalin kerjasama dengan dinas PLH.
  10. Tercapainya warga sekolah yang mampu menghadapi perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi sesuai dengan konteks pemanfaatannya di lingkungan pendidikan.
    • Guru dan karyawan mampu melaporkan program kinerja pegawai secara online.
    • Mengikutkan 42 guru dan 12 tenaga kependidikan pada pelatihan, workshop, atau seminar.
    • Tenaga pendidik yang berkualifikasi akademik S2 sebanyak minimal 30%.
    • Menjalin dan meningkatkan kerja sama dengan badan-badan usaha; dan menjalin kerjasama dengan instansi yang relevan.